Henoch schonlein purpura yang terjadi pada anak

Henoch schonlein purpura bisa menyerang pada anak kecil bahkan memang penyakit ini menyerang paad anak anak berusia 2-11 tahun . Henoch schonlein purpura dialami karena peradangan pembuluh darah kecil yang memang paling sering terjadi pada anak anak . pada peradangan ini pembuluh darah di kulit , usus , ginjal dan sendi mulai mengalami kebocoran dan muali timbul gejala utama kemerahan atau bintik bintik kemerahan pada kulit . penyakit ini lebih besar terkena anak anak lagi daripada  anak anak perempuan dilihat dari perbandingan kasus nya . penyakit Henoch schonlein purpura atau hps biasanya berakhir dalam jangka waktu 4-6 mingguu adalah periode kekambuhan dan tidak ada jangka panjang . tetapi jika organ seperti ginjal dan usus terkena makan pengobatan harus dilakukan untuk mencegah komplikasi serius . penyebab penyakit Henoch schonlein purpura karena tidak menjaga kekebalan tubuh sehingga respon imun abnormal , infeksi saluran pernafasan , dan melakuakn vaksinasi untuk penyakit tipus , kolera , demam , kuning , campak atau hepatitis B penyebab lain dikarenakan tidak menjaga makanan , berlebihan dalam mengonsumsi obat obatan , gigitan serangga dan paparan bahan kimia . lalu bagaimana pengobatan Henoch schonlein purpura pada ? dilansir dari doktersehat.com tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit Henoch schonlein purpura , kita bisa menggunakan obat nyeri yang berguna untuk meredakan rasa nyeri seperti acetaminophen atau bahkan obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID)contohnya ibuprofen dan naproxen yang berfungsi dalam nyeri sendi . dalam beberapa kasus obat obatan kortikosteroid juga sepertinya dapat digunakan .hilangnya gejala Henoch schonlein purpura seperti ruam dan rasa nyeri pada sendi biasanya akan 4-6 minggu tanpa menimbulkan kerusakan permanen . Pada beberapa kasus Henoch schonlein purpura serangan ruam pun juga ada tetapi biasanya agak lebih ringan , tidak melibatkan gejala sendi dan perut dan akan sedikit demi sedikit sembuh sendiri . Menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat juga penting dan sangat membantu dalam proses pengobatan  Henoch schonlein purpura .

Sumber gambar : tirto.id 

Hasil gambar untuk Henoch Schonlein Purpura

Dalam penyakit Henoch schonlein purpura ada beberapa gejala umum dilansir dari doktersehat ada gejala umum atau gejala yang sudah klasikpenyakit Henoch schonlein purpura,  ada 4 gejala tersebut yaitu : 

  1. Kerusakan ginjal 

Gejala ini biasanaya didiagnosis dengan tes urin agar dapat melihat fungsi ginjal sedang baik atau tidak karena pada tes ini juga menimbulkan rasa tidak nyaman . kerusakan ginjal memiliki tanda tanda protein atau darah terdapat dalam urine .

  1. Sakit perut 

Sakit perut ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat saluran penceraan yang mengakibatkan rasa sakit atau kram dan mengakibatkan akibat lain seperti hilangnya nafsu makan , muntah , diare dan terdapat darah dalam tinja . bahkan sebelum gejala ruam muncuk gejala sakit perut pada sebagian orang lebih dahulu muncul dan dalam kasus tersebut lipatan abnormal usus atau intususepsi mengakibatkan penyumbatan usus , dibutuhkan pembedahaan dalam kondisi ini . 

  1. Ruam 

Ruam biasanya dipengaruhi oleh kedua sisis tubuh yang sama dan tidak pucat pada saat penekanan tentu gejala ruam ini akan muncul pada semua penderita Henoch schonlein purpura yaitu berbentuk bintik bintik merah kecil , benjolak dibawah kaki , lutut dan siku lebih seperti memar. 

  1. Peradangan sendi

Peradangan sendi hanya berlangsung sementara atau beberapa hari dan tidak menyebabkan masalah sendi kronis jangka panjang . pada peradangan ini memang menyebabkan rasa sakit dan bengkak terhadap sendi .

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*