Awal yang baru

Berbasis di Korea Selatan dan Jepang, Lotte Group adalah konglomerat multinasional – salah satu yang terbesar di negara itu. Ini menawarkan beragam produk dan layanan, dari hotel, makanan cepat saji, layanan ritel dan keuangan hingga bahan kimia industri, elektronik, IT, dan konstruksi.

Perusahaan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1948 dengan menjual permen karet, terinspirasi oleh tentara AS di negara tersebut. Tahun ini, Pendiri perusahaan, Shin Kyuk-ho, yang mendorong perluasan Lotte Group, meninggal dunia pada usia 98 tahun.

inovasi Group

Lotte Group berfokus pada transformasi digital layanan ritelnya menggunakan teknologi baru, seperti data besar dan kecerdasan buatan. Rencana restrukturisasi ritel menunjukkan pergeseran strategis dari aktivitas penjualan hypermarket dan department store yang menurun menuju penjualan online.

Sebelumnya, perusahaan telah memanfaatkan platform online, situs web, dan aplikasi dari sister company iLOTTE, yang dibentuk melalui joint venture dengan Salim Group Indonesia. Namun, perusahaan sekarang mempercepat platform e-niaganya sendiri, yang merupakan prioritas utama dan fokus strategis ke depan.

“Kami sedang mempersiapkan diri untuk masa depan – online telah menjadi bayi baru kami,” kata Joseph. “Semua orang percaya itu akan memberikan peluang yang menarik di masa depan.

“Big Data adalah tren yang dibicarakan semua orang dan kami berada dalam posisi yang sangat baik, berkat basis data besar kami dengan data pelanggan yang mendalam dan terperinci. Kami telah mengumpulkan data sejak tahun 1992 – saya memiliki pakar yang memberi tahu saya bahwa kami sedang duduk di atas tambang emas. Kami sekarang bekerja dengan beberapa penyedia sementara untuk merencanakan promosi yang sangat personal dan relevan,” tambahnya.

“Jika data kami dapat melakukan apa yang kami harapkan, kami dapat bekerja dengan pemasok kami untuk menggunakan alat ini untuk menjangkau pelanggan target mereka dengan lebih mudah, sehingga mereka juga dapat memperoleh manfaat.”

Kemitraan

Saat mendiskusikan faktor mana yang penting bagi Promo LotteMart saat mengembangkan hubungan kolaboratif dengan pemasok utama, Joseph menjawab dengan mudah. “Saya sudah hampir 30 tahun bekerja di bidang ritel di Indonesia,” katanya.

“Artinya saya tahu banyak pemasok. Dari awal ketika saya bekerja di merchandising hingga hari ini, saya memiliki kesempatan hampir 30 tahun untuk meningkatkan pelaksanaan hubungan pemasok kami. Hari ini saya fokus pada eksekusi ini – apa pun yang dilakukan di kantor pusat dijalankan di operasi toko kami. Kami pikir ini sangat penting di mata pelanggan.”

Bagi Lotte Mart, memiliki kemitraan pemasok yang kuat memberikan manfaat tambahan dalam mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

“Meskipun pemasok kami bekerja dengan banyak pengecer lain, jika kami memiliki hubungan yang kuat dan bekerja dengan baik, mereka mungkin lebih suka bekerja dengan tim saya. Saya berharap pemasok akan menempatkan Lotte Mart dan Lotte Grosir sebagai mitra utama mereka ketika mereka mengalokasikan anggaran mereka.”

Lotte Mart berencana menambah lima gerai baru di Indonesia, termasuk hypermarket di Jakarta dan Surabaya, sebagai bagian dari upaya perusahaan asal Korea Selatan itu untuk mencapai pertumbuhan dua digit tahun ini. Direktur Komersial Lotte Mart Indonesia Donny S Handoko mengatakan perusahaan akan menambah setidaknya lima gerai, termasuk dua hypermarket, jika semua prasyarat terpenuhi. Dua kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Surabaya, telah dipilih sebagai lokasi hypermarket baru pada semester kedua 2016. Secara total, manajemen akan menambah lima gerai baru di tanah air tahun ini, sehingga totalnya menjadi 46. Per 2015 , Lotte Mart memiliki 41 gerai, termasuk 14 gerai hypermarket, 25 gerai wholesales dan dua gerai supermarket. “Kami juga akan menambah area lifestyle seperti produk kecantikan dan garmen,” kata Donny seperti dikutip Kontan.co.id, Jumat. Perusahaan, lanjutnya, akan bekerja sama dengan konglomerasi Indonesia Grup Salim untuk membuat situs ritel online yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *